Kepuasan Pemustaka Sebagai Pemoderasi Antara Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pemustaka Pada Perpustakaan Daerah Kota Salatiga
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan yang diberikan pustakawan tehadap loyalitas pemustaka yang diperkuat oleh kepuasan pemustaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan mendapatkannya melalui kuesioner. Pengunjung perpustakaan merupakan populasi dalam penelitian ini dan mahasiswa pengunjung perpustakaan merupakan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas pemustaka. Hasil lain menunjukkan bahwa variabel kepuasan pemustaka terbukti dapat memperkuat hubungan kualitas layanan dan loyalitas pemustaka.
Kata kunci : Pemustaka, Kualitas Layanan, Loyalitas Pemustaka, Kepuasan Pemustaka
Full Text:
PDFReferences
Fatmawati, Endang. 2013. Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari Serviqual ke Libqual. Jakarta : Agung Seto
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta : PT Indeks
Kuncoro, Mudrajat. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Jakarta : Penerbit Erlangga
Larasati, Veronika, Ronald Suryaputra, dan Amelia. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Coffee Toffee Jatim Expo di Surabaya, Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2, No. 2: 7-17
Lasa, H S. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher
Lubis, Alfi Syahri, dan Nur Rahmah A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Sucofindo Batam, Journal of Bussiness Administration, Vol. 1, No. 2: 232-243
Maslikhah. 2013. Melejitkan Kemahiran Menulis Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Yogyakarta : TrustMedia
Nurhidayati, dan Kartika Yuliantari. 2018. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet, Widya Cipta, Vol. 11, No. 1: 69-75
Putri, Yulia L, dan Hardi Utomo. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa), Among Martika, Vol. 10, No. 19: 70-20
Risparyanto, Anton. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Pustakawan Terhadap Loyalitas Pemustaka dengan Variabel Intervening Kepuasan Pemustaka, Jurnal Perpustakaan, Vol. 8, No.1: 51-64
DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v2i2.47-61
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Murtadho Kesuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.