Analisis Fenomena Kenaikan Harga Sewa Kos Mahasiswa di Universitas Negeri Semarang pada Akun Instagram On_Kost Perspektif Richard Emerson
Abstract
Kos merupakan kebutuhan primer yang harus disewa bagi mahasiswa perantau. Tingginya harga sewa kos di UNNES menjadikan mahasiswa tereksploitasi. Tujuan penelitian ini menjelaskan fenomena kenaikan harga kos melalui penyedia jasa akun instagram On_Kost melalui perspektif Richard Emerson. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kenaikan harga kos di Universitas Negeri Semarang menjadi fenomena yang disebabkan tingginya minat mahasiswa mencari kos, makelar curang yang meningkatkan harga kos, dan harga yang ditentukan dari pemilik kos dari segi peningkatan fasilitas dan mengikuti harga pasar kos di UNNES. Penelitian ini juga menemukan adanya keseimbangan pertukaran yang menguntungkan antara pemilik kos yang melakukan kerjasama dengan On_Kost dan mahasiswa yang menggunakan layanan pencarian kos untuk menemukan kos yang akan ditempati selama menempuh pendidikan di Universitas Negeri Semarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. M., Anugrah, I. G. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kos Untuk Mahasiswa Di Gresik Dengan Metode Saw (Simple Additive Weighting). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2).
Basalamah, S., Widyastuti, R. W., Savira, N. K., & Widodo, E. (2019). Analisis Faktor Persepsi Mahasiswa Statistika Universitas Islam Indonesia dalam Memilih Kos. Simposium Nasional Ilmiah, 1(1), 543–550. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.441
BPS. (2022). Jumlah Perguruan Tinggi 1, Mahasiswa 2, dan Tenaga Pendidik (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2020/2021 dan 2021/2022
Budiasto, J., Tallulembang, T. M., & Mathius, N. Y. (2021). Sistem Pendukung
Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Kos Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Musamus Journal of Technology & Information, 3(02), 062–070. https://doi.org/10.35724/mjti.v3i02.5191
Christianto, C., & Isputrawan, F. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Kost Berbasis Website Menggunakan Metode Microservice. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 5(1), 52–65. https://doi.org/10.30813/jbase.v5i1.3472 Delvira, L., Claudia, S. J., Kurniadi, R., & Irwansyah, I. (2024). Aplikasi Pencari Kos Sebagai Bentuk Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3280–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4031
Gumilar, R. E., Kanita, G. G., & Yusuf, I. (2023). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sewa Kamar Kos Deltoid Yogyakarta. Cakrawala Repository IMWI, 6(5), 1866–1872. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i5.506
Gunawan, H., & Saputro, A. K. H. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Untuk Mempercepat Pencarian Tempat Indekos Berbasis Android. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 1(2), 85–96. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v1i2.1454
Hastuti, S. W, & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622
Karlina, M., & Priyatiningsih, K. (2022). Jurnal Proyek Teknik Sipil Manajemen Pemeliharaan Rumah Kos dari Pihak Pemilik dan Pengelola: Survey. Journal of Civil Engineering Project, 5(2), 2654–4482. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/potensi
Khalid, T. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Penghuni Rumah Kos 33 Jati Padang Pasar Minggu Jakarta Selatan). Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 18–32. https://doi.org/10.57113/his.v2i1.24
Kusumaningtyas, K., Nurullatifah, A. D., & Cahyani, N. D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Rumah Kos Terbaik di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Jurnal Dinamika Informatika, 9(1), 29–40.
Naziroh, N., Sari, Y., Nurhidayah, N., & Putri, F. M. (2012). Analisis Kebutuhan Dan Pengembangan Dimensi Kepribadian Manusia. Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 2(2), 67.
https://doi.org/10.29300/kh.v2i2.9311
Paembong, S., Nurqamarani, A. S., & Soegiarto, E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih Rumah Kos Di Samarinda. Research Journal of Accounting and Business Management, 3(1), 114. https://doi.org/10.31293/rjabm.v3i1.4220
Praba, D. A. P. U., Sari Adnyani, N. K., & Sudiatmaka, K. (2021). Perjanjian Sewa-
Menyewa Rumah Kos (Indekos) Bagi Para Pihak Terkait Perjanjian Lisan Di Kota Singaraja. Ganesha Law Review, 2(2), 132–143. https://doi.org/10.23887/glr.v2i2.205
Prasdika, D., Auliyah, R., & Setiawan, A. R. (2018). Menguak Nilai Dan Makna Di Balik Praktik Penentuan Harga Sewa: Studi Fenomenologis Pada Pengusaha Kos-Kosan. InFestasi, 14(1), 40. https://doi.org/10.21107/infestasi.v14i1.4259
Pratimi, S., & Satyawan, A. (2022). Pola Komunikasi dan Interaksi Dalam Menghadapi Gegar Budaya Adaptasi Mahasiswa Asing di Universitas Sebelas Maret Surakarta (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Asing yang bukan berasal dari Negara berbahasa Inggris di Universitas Sebelas Maret Ditinjau dari L. 2015, 1–21.
Putri, Y. E., Yuliana, Y., & Abrian, Y. (2014). Hubungan Harga Sewa Kamar dengan Keputusan Pembelian Tempat Kos Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 6(2).
Rahmayuniar, V. S., Sabina, E., Latifah, P., Aqil, I. M., & Masiga, D. (2023). Analisis Kepercayaan Konsumen Sewa Kos dan Kontrakan di Facebook pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(2).
Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi Edisi Kedelapan. Pustaka Pelajar.
Said, M. S. (2019). Sistem Sewa Menyewa Rumah Kos Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Hukum Islam, 19(2), 45.https://doi.org/10.24014/jhi.v19i2.6411
Sangkara, H. D., Wibisono, S., Lomba, J. T., & Semarang, J. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kos Di Semarang Dengan Metode AHP-WASPAS. 16(1), 20–26. http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkom page20
Setyarsih, E. (2018). Fenomena Makelar Kost Dalam Sudut Pandang Sosio Ekonomi Ditinjau Dari Teori Pertukaran Peter Michael Blau. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(2). ttps://doi.org/10.20961/jas.v6i2.18192
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Tiwi, D. D., & Firnandao, G. L. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Rute
Kos-Kosan Sekitar UIN Suska Riau Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 16.
https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8665
Triyono. (2015). Tanggung Jawab Para Pihak Dalam Perjanjian Sewa-Menyewa Rumah (Kos-Kosan) Di Kota Mataram. Universal Declaration of Human Rights.
UNNES. (2022). Portal Data Mahasiswa UNNES. https://data.unnes.ac.id/id/dashboard/jumlah-mahasiswa
DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v5i1.63-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Khayati, Thriwaty Arsal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.