Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan

Anju Nofarof Hasudungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) sebagai sebuah alternatif pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Bahwa, pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dua tahun terakhir ini memperburuk kondisi pendidikan di Indonesia khususnya sekolah yang ada di daerah 3T (Terdepan Terluar Tertinggal). Oleh karena itu, diperlukan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam upaya adaptasi dan strategi yang tepat pada masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan sumber kepustakaan seperti buku, dokumen dan artikel jurnal. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran CTL adalah pendekatan yang tepat dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19 mengingat CTL menekankan pada tiga hal. Pertama, CTL menekankan pada proses keterlibatan peserta didik untuk menemukan materi pelajaran. Kedua, CTL mendorong peserta didik agar dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan realitas kehidupan nyata. Ketiga, CTL mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya selama pandemi COVID-19.


Keywords


contextual teaching learning; pandemi covid-19; kualitas pendidikan; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041

Anggraini, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.1.1.39-46

Anggraini, R. S., & Marani, O. (2022). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2368–2377. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.3012

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Gogus, A. (2012). Constructivist Learning. In Encyclopedia of the Sciences of Learning (pp. 783–786). Boston, MA: Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6_142

Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019). The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 012106. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.635

Hasudungan, A. N., Ofianto, & Ningsih, T. Z. (2022). Learning Loss: A Real Threat in Education for Underprivileged Students and Remote Regions during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Distance Education and E-Learning, 7(1), 12–23. https://doi.org/10.36261/ijdeel.v7i1.2223

Hidayat, R. (2021). Menyoal Kurikulum 2013 dalam Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Guna Mengembangkan Soft Skills dan Pendidikan Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 757–774. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1123

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38. Retrieved from https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197

Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning; what it is and why it’s here to stay. Thousand Oaks, California: Corwin Press.

Johnson, E. B. (2008). Contextual Teaching Learning : menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna (I. Setiawan, Ed.). Bandung: Mizan.

Lestari, A. B., & Djukri. (2019). The Problem-Solving Skills of Senior High School Students on Biology in Temanggung. Journal of Physics: Conference Series, 1241(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1241/1/012019

Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of Learning Method Contextual Teaching Learning (CTL) for Increasing Learning Outcomes of Entrepreneurship Education. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(3), 37–46. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1184198.pdf

Mahanal, S., Zubaidah, S., Setiawan, D., Maghfiroh, H., & Muhaimin, F. G. (2022). Empowering College Students’ Problem-Solving Skills through RICOSRE. Education Sciences, 12(3), 196. https://doi.org/10.3390/educsci12030196

Nababan, S. A., & Hasudungan, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus SMAN 1 Rupat Provinsi Riau. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/thje.v4i1.4246

Pasani, C. F., Amelia, R., & Hassan, Z. (2021). Learning loss and education inequality in Indonesia (Mapping the potential, consequences, and the Covid-19 crisis). Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(10), 1171–1181. Retrieved from https://rigeo.org/submit-a-menuscript/index.php/submission/article/view/2988

Remesh, A. (2013). Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of Research in Medical Sciences : The Official Journal of Isfahan University of Medical Sciences, 18(2), 158–163. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3724377/

Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sma Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 393–404. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Samani, M., Sunwinarti, S., Putra, B. A. W., Rahmadian, R., & Rohman, J. N. (2019). Learning Strategy to Develop Critical Thinking, Creativity, and Problem-Solving Skills for Vocational School Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 25(1), 36–42. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i1.22574

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sears, S. (2003). Introduction to Contextual Teaching and Learning. Bloomington Indiana: The Phi Delta Kappa Educational Foundation.

Setiawan, D., Khodijah, & Mansyur, A. (2020). Implementing Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Teach Fiqh. Journal of Research in Islamic Education, 2(2), 93–105. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jrie.v2i2.1283

Setiyawan, E. (2010). PEMBELAJARAN KITAB KUNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTs MANAHIJUL HUDA NGAGEL-DUKUHSETI-PATI (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/95/1/Eko_Tesis_Sinopsis.pdf

Shodiq, A., & Ihsan, A. (2017). The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning to Improve Achievement in Basic Grammar Class at Kampung Inggris Language Center Pare Kediri. In Harkristuti & L. Gani (Eds.), Proceedings on Social Sciences and Humanities (pp. 1–4). Depok: Universitas Indonesia. Retrieved from http://proceedings.ui.ac.id/index.php/uipssh/article/view/61/105

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, D. I., & Amri, Z. (2021). The contextual Teaching And Learning (CTL) Based On Contextual Teaching And Learning (CTL) Based On Student Worksheets. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(3), 83. https://doi.org/10.30596/ijems.v2i3.8126

Trisnawati. (2015). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Pada Bangun Ruang Sisi Datar di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(3), 146–155. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v1i3.845

Utami, B., Probosari, R. M., Saputro, S., Ashadi, & Masykuri, M. (2019). Empowering critical thinking skills with problem solving in higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1280(3), 032047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/3/032047

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anju Nofarof Hasudungan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal DinamikA terindeks di web indexing berikut ini:

   

 Creative Commons License

Jurnal DinamikA : https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index, E-ISSN: 2723-1410 (media online), memiliki lisensi di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Dinamika, E-ISSN: 2723-1410 (media online), merupakan jurnal akademis yang menggunakan pola double blind peer-review yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia, dan diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Juni dan Desember.