Penguatan Karakter Disiplin Siswa Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Secang)

Alif Muhammad Zakaria, Nurjannah ., Mauliyana Rachmat

Abstract


Dunia pendidikan karena masa pandemi COVID-19 menuntut perubahan dalam strategi pembelajaranya. Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 adalah masalah kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini berangkat pada masalah kedisiplinan peserta didik yang tidak berangkat ke sekolah meskipun terdapat edaran resmi dari pihak sekolah. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab peserta didik tidak berangkat ke sekolah, melakukan evaluasi intervensi, dan menawarkan gagasan intervensi bagi pembentukan karakter disiplin yang efektif bagi peserta didik.

Keywords


Intervensi, Karakter, Disiplin, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. "Metode peneltian." Jakarta: Rineka Cipta (2010).

Axelsson, Karin, Sara Hägglund, and Anette Sandberg. "Entrepreneurial learning in education: Preschool as a take-off for the entrepreneurial self." Journal of education and training 2.2 (2015): 40-58.

Fadhilah, Nurul, and Andi Muhammad Akram Mukhlis. "Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan 22.1 (2021): 15-31.

Hidayat, Fauzi, and Ahmad Muhibbin. Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021.

https://elsamara.id/membangun-habit-baru/ Diakses pada 04 Mei 2022 Pukul 23.32 WIB.

https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf Diakses Pada 27 April 2022 Pukul 00.23 WIB.

Kusmawanti, Hanani. Membangun Pola Kemitraan Antara Keluarga Dan Sekolah Melalui Program Parenting (Studi Kasus di Kuttab Al Fatih Bandung). Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.

Maesaroh. “Intervensi Pembelajaran Kooperatif mempromosikan keterlibatan Mahasiswa di Kelas. (2019).

Mursalin, Supardi, and Hamdan Efendi. "Komunitas Muslimat dan Penanganan Kenakalan Remaja." (2021).

Putra, Rialdi Galih. "Implementasi kompetensi pedagogik dan kepribadian guru dalam penguatan pendidikan karakter disiplin pada peserta didik." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 12.1 (2021).

Sanyata, Sigit. "Teori dan aplikasi pendekatan behavioristik dalam konseling." Jurnal Paradigma 14.7 (2012):1-11.

Sekolah Dasar Negeri Kandeman, Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan Kabupaten Batang. "Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Daring Bermuatan Karakter." (2021). Guru Berkarya: 83.

Shernoff, David J. "Optimal learning environments to promote student engagement." (2013): 978-1.

Sudrajat, Ajat. "Mengapa pendidikan karakter?." Jurnal Pendidikan Karakter 1.1 (2011).

Sugiyono, Dr. "Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D." (2013).

Triwardhani, Ike Junita, et al. "Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah." Jurnal Kajian Komunikasi 8.1 (2020): 99-113.

Zamista, Adelia Alfama, Hanifatul Rahmi, and Ari Sellyana. "Sinergi Guru dan Orangtua dalam Memotivasi Siswa Selama Pembelajaran Masa COVID-19 Teacher and Parent Synergy in Motivating Students During COVID-19 Era of Learning."

Zulfitria, Z., Ansharullah, A., & Fadhillah, R. (2020, October). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i1.82-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alif Muhammad Zakaria, Nurjannah, Mauliyana Rachmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal DinamikA terindeks di web indexing berikut ini:

   

 Creative Commons License

Jurnal DinamikA : https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index, E-ISSN: 2723-1410 (media online), memiliki lisensi di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Dinamika, E-ISSN: 2723-1410 (media online), merupakan jurnal akademis yang menggunakan pola double blind peer-review yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia, dan diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Juni dan Desember.