Manajemen SDM di Biro Cahaya Samarinda

Azzahra Iswi Marita, Afita Nur Hayati

Abstract


Penelitian kali ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan bagaimana manajemen sumber daya manusia di Biro Cahaya Samarinda yang terdiri dari: perencanaan sumber daya manusia, proses konsultasi bersama psikolog disana, melakukan proses pengaturan terhadap klien yang datang, seperti apa psikolog mendapatkan pelatihan, hambatan apa saja yang hadir  semenjak biro ini didirikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah psikolog Biro Cahaya. Data dikumpulkan melalui wawancara bebas yang mana langsung oleh pemilik Biro Cahaya Samarinda dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Biro Cahaya Samarinda hanya memiliki 3 psikolog termasuk pendirinya dan sudah cukup lama berdiri. Klien yang datang ingin konsultasi sebelumnya akan mengatur janji dulu dengan admin Biro Cahaya melalui online yaitu media whatsapp atau datang langsung ke biro dihari sebelumnya. Psikolog di biro hanya mampu melayani 2-3 klien sehari dengan satu klien satu psikolog. Adapun pelatihan yang didapatkan psikolog di Biro Cahaya mereka mencari pelatihan-pelatihan secara eksternal. Adanya hambatan di Biro Cahaya masih kurang sumber daya psikolognya sendiri, banyaknya klien yang berdatangan membuat Biro Cahaya hanya menerima 2-3 klien perharinya membuat Biro Cahaya harus mencari psikolog dari luar dan mengatur kehari selanjutnya karena kurangnya psikolog untuk bisa melayani klien, tidak menerimanya tenaga-tenaga bantuan dari luar seperti misalnya mahasiswa-mahsiswa magang yang berjurusan psikolog atau konseling di biro ini, membuat biro ini sedikit kewalahan dalam melayani klien. Dan tidak adanya pelatihan di internal Biro Cahaya sendiri untuk para psikolognya, para psikolog harus mengikuti pelatihan secara eksternal.


Keywords


Manajemen, Psikolog, Biro Cahaya

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 604-624.

Ginanjar, Ginanjar, dan Benedicta P. Dwi Riyanti. (2015). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Pada Pekerja Lepas Biro Konsultan. Manasa-Old 4(2):125– 39.

Kasmawati. (2018). Sumber Daya Manusia Sebagai Sumber Keunggulan Kompetitif. Jurnal Idaarah, 2(2), 229-242.

Maghfiroh dan Sedya Santosa. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di Universitas Darussalam Gontor. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9 (2), 16-23.

Prabhawanti, Rosa De Lima, dan Eko Prasojo. (2021). “Analisis Pengaruh Manajemen Perubahan dan Kompetensi terhadap Kinerja ASN pada Biro Hukum Kementerian Pertanian.” Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. 4(1):111-124.

Pardede, A. C., & Mustam, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Pegawai Negeri Sipil Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Di Kabupaten Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(4).

Romdonih, Faisal. (2019). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Terhadap Industri Pariwisata Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Serengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. Jenius : Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia, 2 (3), 374-393.

Risnawan, W. (2017). Fungsi Birokrasi dalam Efektivitas Pelayanan Publik. Dinamika. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(1),

Sholihah, Hidayatus. (2018). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Man Yogyakarta Iii. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 1(1):58.

Syamsurizal. (t.th). Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi: Jurnal Warta edisi 49.

Taroreh, Amelia, Frederik Worang, dan Christoffel Mintardjo. (2016). Perencanaan Sumber Daya Manusia, Analisis Pekerjaan Dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Biro Pengembangan Sdm Provinsi Papua. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 4(1).

Uluputty, Irfan. (2018). Penataan Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal MSDA, 6 (2), 121-148. doi: https://doi.org/10.33701/jmsda.v6i2.493.

Usman, J. (2011). Manajemen Birokrasi Profesional Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), Article




DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i1.51-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Azzahra Iswi Marita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal DinamikA terindeks di web indexing berikut ini:

   

 Creative Commons License

Jurnal DinamikA : https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index, E-ISSN: 2723-1410 (media online), memiliki lisensi di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Dinamika, E-ISSN: 2723-1410 (media online), merupakan jurnal akademis yang menggunakan pola double blind peer-review yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia, dan diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Juni dan Desember.