Variasi Bahasa Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur

Legianingsih Legianingsih, Akhyaruddin Akhyaruddin, Priyanto Priyanto, Andiopenta Purba Purba

Abstract


Penelitian yang berjudul Variasi Bahasa Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Teks Prosedur bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan variasi bahasa guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia dari sudut pandang formal. Selain itu untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi variasi bahasa guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia dan mendeskripsikan ragam bahasa daerah. Metode yang digunakan adalah tipe kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis isi. Data yang diperoleh berdasarkan observasi di lapangan. Validasi data menggunakan triangulasi. Data dalam penelitian ini adalah pola dan variasi bahasa guru dan siswa. Sedangkan sumber datanya adalah tuturan guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia. Lokasi penelitian di SMP Negeri 11 Kota Jambi yang berada di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik pencatatan . Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan variasi bahasa formal, variasi bahasa bisnis, variasi bahasa santai, dan variasi bahasa familiar yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, faktor yang mempengaruhi variasi bahasa guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari faktor situasional dan faktor sosial.


Keywords


humaniora;pendidikan; pengajaran

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, T. A. B., & Mujianto, G. (2022). Analisis Variasi Konsultatif pada Gilir Bicara dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1), 21. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.43557

Creswell John W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar.

Fajrin, V., & Pratama, A. (2021). Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Dasar Umum. Tata Akbar.

Fitriyadi, R., & A. R. (2021). Variasi Bahasa pada Interaksi Belajar Mengajar melalui WAG di Kelas VII-C SMPN Baregbeg. Jurnal Diksatrasia, 5, 217–221.

Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284

Hasmalani, N., Akhyaruddin, & Setyonegoro, A. (2023). Implikatur Tuturan Guru Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1), 1–11. https://e-journal.my.id/onoma

Kurniawati, V., & Siroj, M. B. (2019). Ragam Bahasa Anak Tunarungu dalam Interaksi Sosial di SLB Nege ri Ungaran. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 211–221. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi

Lestari, A., Juandi, J., & Gunawan, H. (n.d.). Variasi Bahasa dalam Konten Channel Youtube Jurnalisa (Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Teks Narasi KD 4.4 Kelas VII). Jurnal Diksatrasia, 8.

Miles, Mattew B. & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Oktavia, D., Budiyono, H., & Priyanto, P. (2022). Prinsip Sopan Santun Berbahasa Siswa dan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Al Falah Kota Jambi. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 33. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2357

Permatasari, E. S., Safitri, A, & Yosha, D. F. (2023). Ragam Bahasa Mahasiswa Semester 5 (Lima) Sistem Informasi STMIK Prabumulih. Juornal of Language Learning and Research (JOLLAR), 6(1), 1-9. https://doi.org/10.22236/jollar.v6i1.11340

Purwanti, et al. (2020). Variasi Bahasa dalam Interaksi Siswa dan Guru Bahasa Indonesia di SMPN 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9, 1–10.

Rizqina, A. A., Saddhono, K., & Suhita, R. (2023). Analisis Ragam Bahasa Guru dan Siswa dalam Interaksi Kelas di SDN 1 Kabunderan. Journal Regy (Research in Education and Technology), 1(2), 125–131.

Sari, D. (2022). Ragam Bahasa dan Karakteristik Pemakaian Bahasa Lisan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lasalimu Selatan. Language?: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 233–241. https://doi.org/10.51878/language.v2i3.1514

Setiawati, R. D. (2019). Variasi Bahasa dalam Situasi Tidak Formal pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Tadulako. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–11.

Shaillawati, N., Hermandra, & Sinaga, M. (2020). Variasi Bahasa Penduduk Asli dan Pendatang di Kenegerian Kopah Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2(2), 107–112.

Sudaryati, S. (2018). Variasi Keformalan dalam Wacana Kelas Mahasiswa Angkatan 2016 Kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3 No 5(5), 1–13.

Wati, U., Rijal, S., & Hanum, I. S. (2020). Variasi Bahasa Pada Mahasiswa Perantau di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman?: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya, 4(1), 23–37.

Wijaya, A. L., Akhyaruddin, & Yusra, H. (2022). Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Diglosia Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 6, 555–562.




DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v5i1.1-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Authors Legianingsih Legianingsih, Akhyaruddin Akhyaruddin, Priyanto Priyanto, Andiopenta Purba Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal DinamikA terindeks di web indexing berikut ini:

   

 Creative Commons License

Jurnal DinamikA : https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index, E-ISSN: 2723-1410 (media online), memiliki lisensi di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Dinamika, E-ISSN: 2723-1410 (media online), merupakan jurnal akademis yang menggunakan pola double blind peer-review yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia, dan diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Juni dan Desember.