Systematic Literature Review: Gegar Budaya dan Strategi Adaptasi Sosial Mahasiswa Asing di Indonesia

Pitriyani Pitriyani, Wilodati Wilodati, Bunyamin Maftuh

Abstract


Pada era pendidikan abad ke-21, tuntutan terhadap perguruan tinggi di seluruh dunia untuk memiliki standar mutu internasional atau menciptakan World Class University (WCU) semakin meningkat. Indonesia, sebagai bagian dari negara-negara yang mengejar hal ini, secara aktif mengundang mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia guna mewujudkan mutu pendidikan yang diharapkan. Namun, upaya ini sering kali menimbulkan fenomena gegar budaya yang menjadi tantangan terbesar bagi mahasiswa asing saat memasuki lingkungan pendidikan di Indonesia. Hal ini muncul karena mereka datang dari latar belakang budaya yang berbeda dan harus beradaptasi dengan budaya baru di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk gegar budaya dan strategi adaptasi sosial berdasarkan pengalaman mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Indonesia. Penelitian ini merupakan analisis sistematik literatur dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis) pada 10 artikel jurnal ilmiah yang mengkaji tentang gegar budaya dan strategi adaptasi mahasiswa asing di Indonesia dari tahun 2020 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima bentuk gegar budaya, yaitu kesulitan dalam memahmi bahasa Indonesia dan bahasa daerah, sistem pembelajaran dan birokrasi kampus yang rumit, tantangan menghadapi kebiasaan buruk masyarakat lokal, adaptasi terhadap norma berpakian dan penyesuaian terhadap makanan Indonesia. Adapun stategi adaptasi sosial yang mereka lakukan adalah mempelajari bahasa Indonesia dan bahasa daerah, menjalin relasi sosial dengan mahasiswa lokal dengan mengikuti kebiasaan budaya setempat, aktif mengikuti kegiatan kampus dan masyarakat, serta memperdalam pengetahuan tentang budaya Indonesia dengan membaca berbagai literatur.


Keywords


Gegar Budaya; Mahasiswa Asing; Strategi Adaptasi

Full Text:

PDF

References


Afgani, L. (2018). Adaptasi Mahasiswa Asing terhadap Budaya Sunda di Kota Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ahmad, M. I., & Bahruddin, U. (2021). Pola Adaptasi Mahasiswa China dalam Meraih Prestasi Akademik di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ta'Limuna Vol.10 No.1, 1-13.

Amin, A. S., & Bidaula, Z. S. (2024). Adaptasi Culture Shock dalam Interaksi Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asal Malaysia di IDIA Prenduan. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies Vol.7 No.2, 1064-1076.

Anwar, F. (2023, Juli 9). Universitas di Indonesia dengan Mahasiswa Asing Terbanyak Versi WCU Analysisi Kemdikbud, Nomor 9 Ga Nyangka. Retrieved from KLIKPENDIDIKAN.ID Memeberi Edukasi dalam Berita: https://www.klikpendidikan.id/pendidikan/3589414721/universitas-di-indonesia-dengan-mahasiswa-asing-terbanyak-versi-wcu-analysis-kemdikbud-nomor-9-gak-nyangka

Blegur, I. K. (2020). Studi Fenomenologi: Problematika Mahasiswa Asing Belajar Statistika di Perguruan Tinggi. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.1 No.1, 56-67.

Faizin, & Isnaini, M. (2020). Fenomenologi Gegar Budaya Pemelajar BIPA Asal Negara Afrika Selatan di Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.5 No.1, 27-33.

Falasifah, M., Cahyanti, S. M., & Hasanah, A. D. (2020). Studi Fenomenologis Akulturasi Psikologi pada Mahasiswa Thailand di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Psikologis Proyeksi Vol.15 No.2, 202-211.

Faradella, K. (2023). Fenomena Gegar Budaya (Culture Shock) pada Mahasiswa BIPA dari KOrea Selatan di LBI Universitas Indonesia. INSANI Vol.10 No.2, 89-93.

Gardiner, M. O., Rhayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. (2017). Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Jakarta: AIPI: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Harususilo, Y. E. (2024, Februari 23). Rektor PresUniv Ungkap 3 Faktor Kunci Menarik Minat Mahasiswa Internasional. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2024/02/23/180836571/rektor-presuniv-ungkap-3-faktor-kunci-menarik-minat-mahasiswa-internasional?page=all

Haslami, F. (2020). Pentingnya Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Pencegahan Culture Shock. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan Vol.1 No.1, 314-318.

Ismet, S., & Pransiska, R. (2020). Padang State University Early Childhood Teacher Education Program International Class: Preparing Global Competitive Teacher Candidates. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.4 No.2, 27-32.

Kusuma, Y. (2015, Desember 25). Problem Komunikasi Mahasiswa Asing. Retrieved from Unair News: https://news.unair.ac.id/2015/12/25/problem-komunikasi-mahasiswa-asing/?lang=id

Laksono, P. (2020). Adaptasi Sosial Mahasiswa Asing di Institut KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial dan Budaya Vol.3 No.1, 1-13.

Listrikasari, D. R., & Huda, A. M. (2024). Adaptasi Komunikasi Budaya Asing di Universitas Negeri Surabaya. The Commercium Vol.8 No.1, 130-140.

Musdalipa. (2020). Penyesuaian Diri dan Daya Juang pada Mahasiswa Asing Thailand di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi Vol.8 No. 4, 696-708.

Mustofa, R. H., & Defiana, A. (2024). Culture Shock Akademik Mahasiswa Asing di Indonesia (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Surakarta). Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol.13 No.2, 1641-1654.

Pratimi, S., & Satyawan, A. (2015). Pola Komunikasi dan Interaksi dalam Menghadapi Gegar Budaya pada Adaptasi Mahasiswa Asing di Universitas Sebelas Maret Surakarta (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Asing yang Bukan Berasal dari Negara Berbahasa Inggris di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Komunikasi Massa, 1-21.

Purba, C. A., & Silaban, Y. N. (2021). Pola Komunikasi dan Adaptasi Budaya Mahasiswa Asing di Universitas Prima Indonesia. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima Vol.3 No.1, 108-113.

Reis, D. E., & Suryanto. (2020). Stress Akulturatif pada Mahasiswa International di Universitas Airlangga Surabaya. Prosiding Seminar Nasional 2020 (pp. 158-165). Surabaya: Fakultas Psikologi UMBY.

Roshima, R., & Yohana, N. (2017). Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Asing dengan Mahasiswa Pribumi (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Interaksi Simbolik pada Interaksi Mahasiswa Asal Malaysia, Thailand, Vietnam dengan Mahasiswa Pribumi di UIN SUSKA Riau). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol.4 No.1, 1-15.

Safitri, A., Kurnia, A., & Tahir, A. (2024). Culture Shock and Communication Adaptation of Foreign Students at Sumbawa University of Technology. Journal of Education, Language Teaching, Linguistics and Literature Vol.1 No.1, 1-13.

Sulaiman, M., & Saputri, K. (2019). Culture Shock Among Foreign Students: A Case-Study of Thai Students Studying at Universitas Muhammadiyah Palembang. English Community Journal Vol.3 No.1, 295-306.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems Vol.1 No.2, 63-77.

Widiasih, R., Hermayanti, Y., & Ermiati. (2020). International Students' Experience of Studying at Indonesia Universities: A Systematic Review. Jurnal of International Students Vol.10 Issue S3, 24-43.

Yurianti, M., Pranawa, S., & Yuhastina. (2020). Strategi Adaptasi Mahasiswa Asing UNS dalam Upaya Mengatasi Gegar Budaya di Solo. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Vol.12 No.2, 407-416.




DOI: https://doi.org/10.18326/dinamika.v5i2.145-167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Pitriyani Pitriyani, Wilodati Wilodati, Bunyamin Maftuh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal DinamikA terindeks di web indexing berikut ini:

   

 Creative Commons License

Jurnal DinamikA : https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index, E-ISSN: 2723-1410 (media online), memiliki lisensi di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Dinamika, E-ISSN: 2723-1410 (media online), merupakan jurnal akademis yang menggunakan pola double blind peer-review yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia, dan diterbitkan dua kali setahun setiap bulan Juni dan Desember.